Selasa, 22 November 2016

RESENSI BUKU: Manajemen Pendidikan Islam



RESENSI BUKU

Judul                                       :  Manajemen Pendidikan Islam
Penulis                                     Prof. Dr. Mujamil Qomar
Penerbit                                   :  Erlangga
Tahun Terbit                            :  2009
Jumlah Halaman                      :  319 hal 


            Berkaitan dengan usaha dalam menciptakan pendidikan yang Islami yang sukses perlu kita mengetahui lebih jauh manajemen pendidikan Islam itu sendiri, dalam buku ini yang berjudul Manajemen Pendidikan Islam adalah sebuah karya dari Prof. Dr. Mujamil Qomar memuat sistem-sitem manajemen pendidikan yang berdasarkan pemikiran dan pemahaman yang berdasarkan agama Islam. Kita tahu bahwa pendidikan adalah sebuah kebutuhan setiap individu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena setiap insan pasti membutuhkan sebuah wawasan pengetahuan untuk meambah pengetahuan yang diinginkan. Maka dari itu sebuah lembaga pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam masalah ini dikarenakan sebuah lembaga pendidikan yang menajemen pendidikan yang  baik akan mengantarkan setiap insan kejalan pendidikan yang benar dan sukses.
            Manajeman adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata. Adapun fungsi dari manajemen itu sendiri adalah suatu komponen dasar yang selalu ada dan berada dalam proses manajemen yang menjadi patokan bagi manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan baik itu perencanaan, pengorganisasian, ataupun pengarahan disuatu lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bernuansa Islami. Artinya, pendidikan yang berdasar pada Al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup umat Islam. Pendidikan Islam bertujuan untuk memanusiakan manusia. Artinya bahwa pendidikan Islam akan membawa manusia pada posisi sebenarnya sebagai manusia yaitu khalifatullah fil ardh (wakil Allah di muka bumi) yang akan memakmurkan bumi dengan segala potensi yang dimilikkinya.
Dalam buku ini manajemen pendidikan Islam adalah salah satu dari beberapa ilmu pengetahuan yang memadukan karakter pendidikan agama Islam dengan ilmu manajemen. Menurut Prof. Dr. Mujamil Qomar manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Manajemen pendidikan Islam merupakan manajemen pendidikan yang berlabel Islam. Sudah barangtentu mempunyai karakteristik tersendiri. Karakteristik itu tidak lepas yang bersifat Islami. Menurut Prof. Dr. Mujamil Qomar, istilah Islam itu dapat dimaknai sebagai Islam wahyu atau Islam budaya. Islam wahyu meliputi Al Qur’an dan hadist-hadist nabi maupun hadist qudsi. Sementara itu, Islam budaya meliputi ungkapan sahabat, pemahaman ulama, pemahaman cendekiawan muslim dan budaya umat Islam.
Kelebihan dari buku ini adalah pembaca dapat mengetahui manajemen komponen-komponen dasar pendidikan lslam, termasuk personalia, kesiswaan, kurikulum, keuangan, serta sarana dan prasarana. Kedua, pembaca dapat mengetahui manajemen komponen penyempurna pendidikan Islam, termasuk layanan, mutu, struktur, konflik, hingga komunikasi, dan pembaca juga dapat mengetahui kepemimpinan pendidikan lslam, pengambilan keputusan, dan peningkatan produktivitas yang termuat dalam buku ini. Penulis buku ini berusaha memadukan pendapat dan dasar-dasar agama sebagai bahan kajian untuk mendudukan sistem manajemen pendidikan Islam dan juga memaparkan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Buku ini juga hendak menjawab sistem pendidikan yang menganut paham kekinian. Aktual. Bahwa pendidikan Islam juga aktual dalam sistem. Walau pada material pengajaran tetaplah penggalian terhadap ilmu-ilmu agama.
            Selanjutnya, kelemahan buku ini adalah masih ada bahasa asing yang belum dibubuhi keterangan sehingga bagi mereka yang awam dengan bahasa asing tersebut akan merasa kebingungan.
Terakhir buku ini sangatlah cocok dibaca oleh kalangan para mahasiswa yang sedang menempuh studi di Fakultas Agama Islam khususnya jurusan Tarbiyah, para dosen, dan para calon guru atau para guru yang sudah mengajar. Buku ini sebagai salah satu sumber pegangan strategi untuk memahami manajemen pendidikan Islam dan komponen-komponennya.


IBX58348A76BC812

2 komentar: